Kamis, 20 Oktober 2011

EREKSI dan DISFUNGSI EREKSI

Impotensi (Disfungsi Ereksi) Diagnosis

Tidak Ereksi Pada Pagi Hari, Apa Penyebabnya?

Tidak ada tes formal untuk mendiagnosa disfungsi ereksi. Beberapa tes darah umumnya dilakukan untuk menyingkirkan penyakit yang mendasari, seperti diabetes, hipogonadisme dan prolaktinoma. Impotensi juga berkaitan dengan kesehatan fisik umumnya buruk, kebiasaan diet yang buruk, obesitas, dan yang paling khususnya penyakit kardiovaskuler seperti penyakit arteri koroner dan penyakit pembuluh darah perifer.
Sebuah cara yang berguna dan sederhana untuk membedakan antara impotensi fisiologis dan psikologis adalah untuk menentukan apakah pasien yang pernah''''memiliki ereksi. Jika''tidak pernah'', masalahnya adalah mungkin fisiologis, jika kadang-kadang''''(namun jarang), bisa fisiologis atau psikologis. Manual diagnostik dan statistik saat ini penyakit mental (DSM-IV) sudah termasuk daftar untuk impotensi.

Klinis Pengujian Digunakan untuk Diagnosa ED

USG dupleks: Duplex ultrasound digunakan untuk mengevaluasi aliran darah, kebocoran vena, tanda-tanda aterosklerosis, dan jaringan parut atau kalsifikasi jaringan ereksi. Penyuntikan prostaglandin, stimulator hormon seperti yang diproduksi dalam tubuh, menyebabkan ereksi. USG ini kemudian digunakan untuk melihat pelebaran pembuluh darah dan mengukur tekanan darah penis. Pengukuran dibandingkan dengan yang diambil ketika penis yang lembek.
Saraf penis fungsi: Tes seperti tes refleks bulbokavernosus digunakan untuk menentukan apakah ada cukup dalam sensasi saraf penis. Dokter meremas glans (kepala) penis, yang segera menyebabkan anus untuk berkontraksi jika fungsi saraf normal. Seorang dokter mengukur latency antara memeras dan kontraksi dengan mengamati sphincter anal atau dengan merasakan dengan jari sarung dimasukkan melewati anus. Tes saraf khusus digunakan pada pasien dengan kerusakan saraf yang diduga sebagai akibat diabetes atau penyakit saraf.
Nokturnal penis bengkak (NPT): Hal yang biasa bagi seorang pria untuk memiliki 5-6 ereksi selama tidur, terutama selama gerakan mata cepat (REM). Ketidakhadiran mereka mungkin menunjukkan masalah dengan fungsi saraf atau suplai darah di penis. Ada dua metode untuk mengukur perubahan dalam kekakuan dan lingkar penis selama ereksi nokturnal: snap dan mengukur strain gauge. Sebuah proporsi yang signifikan dari pria yang tidak memiliki disfungsi seksual namun tidak memiliki ereksi nokturnal teratur. Dengan demikian kehadiran NPT cenderung untuk menandakan sistem fisik fungsional, tetapi tidak adanya NPT mungkin ambigu dan tidak mengesampingkan menyebabkan salah.
Biothesiometry penis: Tes ini menggunakan getaran elektromagnetik untuk mengevaluasi sensitivitas dan fungsi saraf di kelenjar dan batang penis. Sebuah persepsi penurunan getaran dapat menunjukkan kerusakan saraf di daerah panggul, yang dapat menyebabkan impotensi.
Angiogram penis: uji Invasif - memungkinkan visualisasi dari sirkulasi di penis dan digunakan selama perbaikan priapisme sebuah.
Infus Dinamis Cavernosometry: (Disingkat DICC) teknik di mana cairan dipompa ke dalam penis pada tingkat dikenal dan tekanan. Ini memberikan pengukuran tekanan pembuluh darah dalam corpus cavernosum selama ereksi. Untuk melakukan tes ini, sebuah vasodilator seperti prostaglandin E-1 disuntikkan untuk mengukur tingkat infus diperlukan untuk mendapatkan ereksi kaku dan untuk membantu menemukan seberapa parah kebocoran vena.
Corpus Cavernosometry: Cavernosography pengukuran tekanan pembuluh darah dalam corpus cavernosum. Saline diinfuskan bawah tekanan ke dalam corpus cavernosum dengan jarum kupu-kupu, dan laju aliran yang dibutuhkan untuk mempertahankan ereksi menunjukkan tingkat kebocoran vena. Pembuluh darah bocor yang bertanggung jawab dapat digambarkan oleh menyuntikkan campuran garam dan menengah sinar x kontras dan melakukan sebuah cavernosogram.
Pengurangan digital Angiografi: Pada DSA, gambar diperoleh digital. Komputer membuat topeng dari rendah-kontras x-ray dari daerah yang sama dan digital isolat pembuluh darah (hal ini dilakukan secara manual melalui kamar gelap masking dengan angiografi tradisional).
Magnetic resonance angiography (MRA): Hal ini mirip dengan pencitraan resonansi magnetik. Magnetic resonance angiography menggunakan medan magnet dan gelombang radio untuk menyediakan gambar rinci dari pembuluh darah. Dokter mungkin menyuntikkan "agen kontras" ke dalam aliran darah pasien yang menyebabkan jaringan pembuluh darah untuk berdiri menentang jaringan lain. Agen kontras menyediakan informasi ditingkatkan mengenai suplai darah dan anomali vaskular. Selain IV digunakan untuk memperkenalkan bahan kontras ke dalam aliran darah, magnetic resonance angiography adalah invasif dan tidak sakit.
Kadang ada sebagian orang yang mengalami kejadian tidak pernah ereksi pada saat bangun tidur utamanya pada pagi hari. Padahal mayoritas pria mengalami hal itu. Nah apakah lantas kemudian sebagian pria yang tidak pernah ereksi pada pagi hari mengalami masalah disfungsi ereksi?
 TABIB MAULANA menjelaskan, ereksi penis yang terjadi pada pagi hari sebenarnya adalah sisa ereksi spontan yang terjadi selama tidur malam. Artinya, ereksi spontan itu sebenarnya terjadi selama tidur malam, bukan pada pagi hari. Ereksi yang biasa dirasakan pada pagi hari adalah sisa ereksi pada malam hari itu.
‘’Kalau Anda merasa tidak mengalami ereksi ketika bangun tidur pagi, bukan berarti Anda tidak mengalami ereksi spontan itu. Mungkin saja ereksi spontan telah terjadi selama Anda tidur malam. Tetapi sisa ereksinya tidak tampak lagi ketika Anda bangun tidur pada pagi hari.  Terjadinya ereksi spontan malam hari berkaitan erat dengan fungsi hormon testosteron. Pria yang mengalami kekurangan testosteron, jarang atau tidak lagi mengalami ereksi spontan. Tetapi kalau Anda tidak merasakan ereksi ketika bangun tidur pagi hari, bukan berarti Anda telah mengalami kekurangan testosterone,’’tutur sang tabib.
Boleh jadi, seperti penjelasan di atas, sisa ereksi pada pagi tidak tampak lagi, padahal selama tidur malam ereksi tetap terjadi.  Karena itu, untuk membuktikan ada tidaknya ereksi spontan selama tidur malam, digunakan suatu alat bantu yang digunakan selama tidur malam. Kalau Anda benar masih ragu apakah mengalami ganguan ereksi, silakan memeriksakan diri. Dengan pemeriksaan yang benar, dapat diketahui apakah organ seksual Anda telah berkembang normal atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar