Selasa, 24 Mei 2011

TUKAK LAMBUNG

Tukak lambung bukan disebabkan stres dan makanan pedas



Tukak lambung atau tukak usus adalah luka pada lapisan bagian dalam dari lambung atau usus. Yang dirasakan penderita adalah nyeri di saluran pencernaannya. Berdasarkan sifatnya, tukak lambung dan tukak usus dapat dibedakan sebagai berikut:

Tukak Lambung : lebih sering terjadi pada pria usia lanjut (60 tahun atau lebih). Penyembuhannya memerlukan waktu lebih lama dibandingkan tukak usus, karena luka di lambung terus-menerus bersentuhan dengan asam lambung.

Tukak Usus : muncul di bagian awal usus kecil, lebih sering terjadi pada wanita. Jumlah penderitanya lebih banyak dibandingkan tukak lambung, dan lebih sering muncul pada usia lebih muda dibandingkan tukak lambung (30 tahun atau lebih).

Penyebab
Makanan pedas yang selama puluhan tahun diyakini sebagai penyebab tukak, kini sudah tidak lagi dianggap sebagai penyebab utama.
Penyebab utama tukak ternyata adalah infeksi oleh bakteri Helicobacter pylori.
Penyebab lainnya adalah:
- Obat – obat anti radang yang bukan senyawa steroid, atau dikenal dengan NSAIDs (Non Steroidal Anti Inflammatory Drugs), yang dikonsumsi dalam jangka panjang
- Merokok
- Stress dan mengkonsumsi alcohol dala jumlah berlebihan tidak dianggap sebagai penyebab, namun dapat memperburuk kondisi tukak yang sudah ada, atau bersama-sama dengan factor infeksi, obat antiradang dan merokok akan menyebabkan munculnya tukak.

Helicobacter pylori atau H.pylori merupakan bakteri yang hidup dan berkembang biak di air minum dan makanan yang tidak ditangani secara higienis atau dimasak dengan benar. Sebagian besar penderita tukak memperoleh infeksi H.pylori sejak masa kanak-kanak, namun gejalanya beru muncul beberapa puluh tahun kemudian.

H.pylori merupakan salah satu bakteri yang tahan terhadap asam lambung, sedangkan sebagian besar bakteri lainnya akan mati karena tidak tahan asam lambung.

Tanda & Gejala
- Rasa terbakar atau perih pada perut, khususnya pada saat perut kosong, yaitu pada selang waktu antar makan dan malam hari. Nyeri ini dapat berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa jam, dan terasa dari bagian pusar hingga ke tulang dada. Perbedaan gejala nyeru tukak lambung dan tukak usus:

Tukak lambung : nyeri muncul 30-60 menit setelah makan, dan dapat bertahan selama 1 – 1,5 jam. Nyeri muncul karena makanan bersentuhan dengan luka.
Tukak usus : nyeri muncul 1,5 – 3 jam setelah makan, ketika seluruh makanan sudah meninggalkan lambung. Nyeri ini juga sering membangunkan penderitanya dari tidur di malam hari (antara tengah malam hingga jam 3 pagi)

- Rasa penuh di perut, bersendawa
- Mual dan muntah

Perawatan Mandiri
- Makan secara teratur, meskipun anda sedang malas makan atau sibuk dengan pekerjaan.
- Sediakan krekers, biskuit atau roti tawar setiap saat agar anda bisa mencegah perut anda terlalu kosong, baik ketika di rumah, perjalanan atau di tempat kerja.
- Hindari makanan pedas, berbumbu tajam dan berlemak yang akan merangsang pengeluaran asam lambung lebih banyak dan memperparah kondisi tukak. Contoh: kari , gulai, rendang,dll
- Selama pengobatan, hindari makan makanan yang perlu dikunyah dan dicernakan cukup lama. Contoh: nasi, ayam goreng. Sebagai penggantinya: nasi tim, bubur, ikan bakar presto.
- Berhenti merokok : karena kandungan nikotin dari rokok akan memperlambat proses penyembuhan.
- Kurangi stres : ambil cuti bila perlu, beristirahat dan tidur lebih banyak.

Bagaimana jika saran kami di atas belum berhasil.
Segeralah datang ke alamat praktek Kami:

Jl. Kutilang Sakti no.7 Panam, Pekanbaru – Riau
Jl. Putri Tujuh no 7 Panam, Pekanbaru – Riau
HP: 0813 7841 1298 – 0852 7191 4898 – 0821 7368 2828

Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.

Hormat Kami,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar